Mengulik Hebatnya Perkembangan Teknologi Komputer Saat Ini

Perkembangan teknologi dari dahulu hingga kini terus berjalan. Bukan hanya teknologi dalam dunia komunikasi yang selalu melahirkan inovasi terbarunya. Perkembangan teknologi komputer saat ini pun mengalami kemajuan yang signifikan. Salah satu inovasi terbarunya adalah komputer dengan tema go green.

Semakin banyaknya perkembangan teknologi komputer saat ini, membuat kita wajib mengetahui sejarah dari teknologi yang satu ini dari masa ke masa. Mari kita simak ulasan berikut untuk mengetahui inovasi demi inovasi yang tercipta sehingga membentuk komputer masa kini.

Komputer, pertama kali ditemukan hanya sebagai alat penghitung cepat atau difference engine pada tahun 1822. Pada tahun 1823, ilmuwan Charles Babbage mengembangkan mesin dasar difference engine menjadi mesin dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Pada tahun ini, mesin dapat melaksanakan kalkulasi apapun, sehingga lebih dikenal dengan nama analytical engine atau general purpose digital komputer.

Perkembangan teknologi komputer semakin berkembang dengan pesat pada tahun 1937, saat Prof. Howard Aikem, merancang sebuah alat untuk melakukan aritmatika dan juga logika. Dengan mengandalkan bantuan perusahaan IBM, atau perusahaan elektronik yang berdiri sejak tahun 1944, komputer rancangan Prof. Howard Aikem akhirnya terselesaikan.

Pada perkembangan selanjutnya, lebih tepatnya pada tahun 1948, mulai ditemukan Transistor. Pada tahun ini merupakan awal dari barang elektronik yang memiliki ukuran kecil. Terkecuali komputer yang memiliki ukuran sangat besar. Transitor mulai diterapkan pada komputer sejak tahun 1956. Dengan diterapkannya transistor pada komputer membuat kinerja komputer menjadi lebih hemat, cepat dan kecil. Sejak saat ini pula banyak perusahaan yang menggunakan komputer sebagai alat penunjang informasi keuangan.

Komputer semakin berkembang saat Jack Kilby ikut serta mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. Ic membuat puringan silijon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa, hasil kombinasi tiga komponen elektronik. Hingga akhirnya, para ilmuwan memasukkan lebih banyak komponen dalam satu chip tunggal atau lebih dikenal dengan nama semikonduktor. Dengan adanya semikonduktor membuat komputer memiliki ukuran lebih kecil dan mudah dibawa.

Dari tahun ke tahun perkembangan elektronik komputer mengalami kemajuan yang cukup pesat, ditandai dengan ditemukannya procesor pada tahun 1971. Sejak adanya procesor, ukuran komputer menjadi semakin kecil,  karena komponen-komponen dalam komputer dijadikan satu dan digantikan oleh procesor. Setelah procesor, komputer semakin berkembang dengan ditemukannya LAN yang memiliki fungsi untuk menjaga efisiensi pengiriman data, berbagi piranti dan lain sebagainya. Perkembangan komputer semakin bertambah hingga menjadi seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *